Senin, 26 Desember 2011

Berkepribadian Unggul

I.          Pengertian
Kepribadian mengandung arti :
Berprilaku yang mencerminkan dirinya dan berbeda dari orang lain, kuat pendiriannya, tidak mudah goyah dan tidak mudah berpengaruh oleh orang lain.
Menampilkan diri sesuai adat, budaya dan kebiasaan leluhur atau bangsanya
Unggul mengandung arti :
Berbeda dengan yang lain, dan menjadi yang nomer satu

II.        Penerapan dalam proses pembelajaran
Berkepribadian unggul sangat diharapkan dapat tercipta pada diri masing – masing peserta didik, maka dari itu seorang guru dapat menjadi faktor dalam menentukan kepribadian peserta didiknya. Dengan menerapkan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa pada setiap proses pembelajaran, diharapkan dapat memupuk dan membentuk kepribadian yang unggul pada diri masing – masing peserta didik.

III.      Cara mengevaluasi
Tes kepribadian adalah sangat mudah untuk memahami, dan merupakan ujian besar bagi anak – anak. Saya pikir semua anak – anak harus berusaha tes kepribadian. Karna tes sangat penting sekali untuk mengukur bagaimana pribadi dari masing – masing anak itu sendiri .
Salah satu cara untuk mengukur kepribadian tersebut adalah salah satunya dengan mengontrol setiap tingkah laku yang  dari keseharian si anak tersebut. Dengan begitu kepribadian anak akan terlihat.

IV.      Penerapan dalam kehidupan sehari – hari
Dalam kehidupan sehari-hari, peserta didik diharapkan melakukan pekerjaan yang akan membuat kepribadian mereka bisa terpupuk dengan baik. Contohnya, si anak dianjurkan untuk bekerja sama dan saling tolong menolong antar sesama teman. Membantu teman yang terkena kesulitan. Dengan begitu kepribadian anak akan terbentuk dengan baik.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar